pertemuan 5 catatan tentang pos dan page

Halo teman-teman netez.id! Hari ini, saya ingin berbagi hasil dari perkuliahan saya, Dalam dunia website dan blog, elemen-elemen seperti pos, halaman, menu, dan widget memegang peranan penting dalam menyajikan konten yang menarik dan fungsional. Pemahaman mendalam tentang keempat komponen ini akan membantu meningkatkan kualitas dan kinerja sebuah situs web.

Perbedaan pos dan page

Post (Tulisan)

  • Bersifat dinamis dan terbaru: Cocok untuk konten yang sering diperbarui, seperti artikel blog, berita, atau entri jurnal. Tiap Post memiliki tanggal publikasi dan biasanya dikelompokkan berdasarkan kategori dan tag.
  • Mendorong interaksi: Post dirancang untuk memicu diskusi dan komentar.

Page (Halaman)

  • Bersifat statis dan tetap: Digunakan untuk konten yang tidak sering berubah, seperti halaman Tentang Kami, Kontak, atau halaman Layanan. Tidak memiliki tanggal publikasi dan tidak dikelompokkan dengan kategori dan tag.
  • Struktur hirarkis: Page bisa diatur dalam struktur berjenjang, seperti halaman “Produk” yang memiliki halaman anak untuk produk individual.

Singkatnya, gunakan Post untuk konten blog yang dinamis dan Page untuk halaman statis yang informatif.

cara pembuatan halaman

  • langkah pertama silahkan klik icon page dan klik add new page
  • tampilanya mirip mirip dengan pos silahkan masukan judul dan informasi yang mau di isikan

sebagai contoh disini saya membuat halamn untuk about dimana halaman ini menceritakan diri saya dan dalam membuat halaman sama persisi dengan post ada judul foto teks.

jika udah selesai silahkan klik tombol publish atau update. dan terkadang beberapa tema langsung membuat halaman atau page menjadi menu.

See also  Pertemuan 2 rangkuman materi Rekweb

Cara membuat sebuah pos

cara nya sama cuma beda tombl klik awal

 maka setelah klik tombol new dan pilih post maka tampilanya sama dengan page dan silahkan tulis informais dari judul dan isi dari post yang kita buatkan sebagai contoh seperti ini.

Cara Upload Media pada halaman web

pada bagian ini kita bisa mengupload media seperti foto vidio gambar maupun pdf yang mana nanti bisa kita gunakan untuk di tampilkan di halaman ataupaun di post artikel kita.

nah cara untuk mengupload media sebagai berikut ini

  • sialhakan klik terlebih dulu menu media kemudian klik new media file dan masukan file yang anda inginkan disin syaa memasukan foto aja
  • maka seteleah selesai akan muncul seperti ini:
  • kemudian klik media atau lebrary media maka akan muncul di media pertama media yang ktia upload tadi

cara merubah file maksimum dalam mengupload media di wordpres

  • nah caranyna silahkan cari file.php.ini di file wordpres, anda di bin/php, kemudian ganti sesuai and inginkan disini ubah menjadi 2g.

dan kita bisa ubah juga di bagian pos sesuai dengan kebutuhan masing masing

Cara Menambahkan Menu di wordpres

untuk menambahkan menu di wordpres caranya cukup gampang ikuti langka berikut ini iya

  • klik dulu menu apperance dan pilih widgets
  • disini untuk menambah menu bisa berupa halaman, postingan, kategori dan custem link.
  • disini saya akan mencontohkan bagian halaman aja, silahkan klik dulu page kemudian pilih page atau halaman yang mau di jadikan menu
  • kemudian klik save menu maka akan tampil di header menu anda

cara menambahkan widget

widget adalah area dari sebuah website biasanya terletak pada samping kiri, kanan dan bawah blog, kita bisa seting widget dengan cara berikut ini

  • klik menu widget pada bagian sampaing
See also  3 Cara Instal Tema dan kostum tema wordpres pertemuan 6
  • maka kita dapat menambahkan bagian merah ke biru dengan drak and drop

Kesimpulan:

Dengan demikian, memahami dan mengelola pos, halaman, menu, dan widget dengan baik merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan situs web. Semoga catatan-catatan singkat ini memberikan pandangan yang lebih jelas tentang bagaimana elemen-elemen tersebut dapat bekerja bersama untuk menciptakan pengalaman online yang memuaskan bagi pengunjung.

atmaluhur.ac.id